Hello Let's Up!

Silahkan Kontak Cs kami

Admin 1 Elin
6281294686040
Admin 3 Dhea
6282114380022
Hello! Mohon Isi Format Dibawah Ini..
Send
×
Ada Yang bisa Saya Bantu?

Overhaet Pada Mobil

Artikel Singkat

Mobil Tiba-Tiba Overheat di Jalan, Ini Cara Mengatasinya

Terkadang ketika di tengah perjalanan masalah pada mobil bisa saja terjadi. Salah satunya mengalami overheat atau mesin panas dan tidak bisa melaju lagi dengan kondisi normal.

Nah bagi pemilik mobil yang kurang begitu memperhatikan perawatan mobilnya khususnya sistem pendinginan mesin mobil, dapat mengakibatkan mesin mobil overheat yang tentu saja dapat semakin membahayakan komponen lainnya. Lalu apa yang harus dilakukan bila mesin mobil overheat?

Penyebab mesin mobil overheat yang paling sering ditemui adalah air radiator habis. Air radiator (coolant) bisa habis karena penguapan akibat suhu mesin yang panas. Atau, terdapat kebocoran pada sistem sirkulasi radiator. Hal ini dapat menyebabkan sistem sirkulasi radiator tidak bekerja optimal. Jika air radiator menjadi sedikit, maka suhu di mesin tidak dapat didinginkan dan terjadilah overheat.

Sudah pasti jangan panik. Ada beberapa tips di bawah ini perlu kamu pelajari baik-baik untuk mengatasi mesin mobil overheat.

  • Berhentikan kendaraan dan matikan mesin
  • Langkah paling tepat jika mesin mobil overheat adalah dengan langsung menepikan mobil ke pinggir jalan dan segera mematikan mesin mobil agar temperatur atau suhu mesin turun kembali. Hal itu dilakukan agar mobil kamu tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.

  • Buka kap mesin
  • Ketika mesin mobil overheat jangan pernah membiarkan panas mesin terperangkap di ruang mesin karena akan menyebabkan komponen lain rusak karena panas tersebut. Setelah kamu memberhentikan kendaraan dan mematikan mesin mobil, coba untuk membuka kap mesin mobil agar panas di dalam kap terbuang. Lakukan dengan hati-hati karena kadang-kadang tuas berada di dekat radiator sehingga ada risiko kamu tersengat panas radiator.

  • Jangan buka tutup radiator
  • Jangan pernah membuka tutup radiator ketika mesin mobil overheat. Jika kamu membuka tutup radiator pada saat mesin mobil masih panas, dapat menyebabkan uap dan air bertekanan tinggi akan lepas dapat mengakibatkan luka bakar serius jika terkena kamu.

  • Periksa tabungan air cadangan radiator
  • Setiap mobil pastinya memiliki cadangan air radiator yang terhubung ke bagian atas radiator. Ini akan membantu kamu untuk melihat apakah air radiator kurang atau tidak. Selain itu, juga terdapat indikator ketinggian air. Jika air kurang maka bisa berbahaya untuk mesin.

    Langkah pertama yang bisa dilakukan, yakni menambahkan cairan pendingin sampai posisi garis atas. Kamu bisa mengisi air di tabung meskipun mesin panas atau bisa juga menunggu kondisi mesin dingin. Jika mobil kamu hanya memiliki radiator tanpa tabung cadangan, kamu harus menunggunya hingga dingin sebelum membukanya.

    Back To Home

    CS-brtPNG

    Ingin Penawaran atau Konsultasi?

    Customer Service kami siap membantu 24/7